Tutorial pembuatan game unity 3d, construct, cocos2d, dan lain-lain

Breaking

Senin, 08 Mei 2017

Tutorial Lengkap Menambahkan Sprite Kedalam Scene Game di Cocos2d

      Sprite adalah salah satu komponen yang akan sering di gunakan di karenakan nantinya object ini akan bertindak sebagai Game Actor baik sebagai Player, AI atau bot ataui bahkan hanya sebagai properti (Static Object) saja.



   Untuk menambahkan Sprite kedalam Scene, buka kembali Source File scene anda, pada fungsi init() kita tambahkan kode berikut setelah kita menginisialisasi :

     /* ... */
    if( !Layer::init() )  {
        return false;
    }

    auto visibleSize    = Director::getInstance()->getVisibleSize();

    auto oSpriteKu = Sprite::create("PegelTux.png");
    oSpriteKu->setPosition(visibleSize.height / 2, visibleSize.width / 2);
    this->addChild( oSpriteKu );

    /* .. */
 
Penjelasan :
untuk membuat Sprite kita hanya perlu membuat objek baru mengunkan fungsi statik dari Class Sprite dengan menyertakan lokasi path / nama texture yang akan di gunakan oleh objek tersebut. File texture ini sudah kita buat sebelumnya dan di letakan kedalam direktori Resources.

    Setelah membuat objek Sprite langkah selanjutnya adalah menentukan dimana sprite itu akan di posisikan di viewport. Untuk Contoh di atas saya menggunakan Director Singleton untuk mendapatkan informasi ukuran viewport dan origin-nya.

Setelah texture sprite anda simpan ke direktori Resources, Jalankan kembali project anda, dan lihat hasilnya:

belajargamemudah 
 
 Tergantung dari besar-nya gambar texture dan design resolution anda (yang akan di bahas lebih detail nanti) texture anda mungkin akan terlihat terlalu kecil / terlalu besar dari viewport yang ada.

Anda dapat menyesuaikanya mengunakan fungsi setScale( <float value> ) pada objek Sprite anda, Contoh:

    /* ... */

    oSpriteKu.setScale(0.7f);

    /* ... */

Tidak ada komentar:

Posting Komentar