Kali ini kita akan mengimplementasi animasi dalam game platformer
kita, untuk itu kita akan membutuhkan beberapa gambar yang akan kita
gunakan sebagai animasi karakter dalam game. Sebagai contoh kita akan
menggunakan animasi jalan yang disediakan di Platformer Pack. Jika kamu
belum mendownload kumpulan gambar royalty-free ini, bisa kamu dapat diL http://gedebuk.org/kenney.
Menambahkan animasi pada Sprite
- Dalam kesempatan ini kita akan memasukkan animasi jalan untuk karakter pemain. Untuk itu kita perlu tambahkan animasi baru di daftar animasi dengan cara klik kanan > Add animation. Beri nama yang sesuai untuk animasi tersebut, misalnya ‘Jalan’. Setelah itu bisa kita lihat di window animation frame, hanya ada angka 0 dan di bagian image editor masih kosong, itu terjadi karena animasi baru tidak akan memiliki gambar (seperti kondisi sprite yang baru dibuat), dan kita perlu memasukkan gambar ke editor.
- Gambar yang kita masukkan akan disimpan pada frame yang aktif, jadi jangan lupa pastikan frame mana yang aktif di window animation frame. Karena ini adalah frame pertama kita, pasti gambar yang kita buka akan disimpan di frame 0.
- Untuk membuat frame baru kita bisa klik kanan di window animation frame > Add frame. Setelah itu kita bisa buka gambar kedua untuk frame berikutnya.
- Cara yang lebih cepat adalah menggunakan fitur “Import frame”, caranya klik kanan di window animation frame > import frame > pilih semua gambar yang akan digunakan dalam animasi tersebut. Pastikan gambarnya sudah terurut dengan membuat nama filenya berurutan, misalnya p1_walk_01.png, p1_walk_02.png, dan seterusnya.
- Jika kamu tambahkan animasinya dengan benar, animation frame “Jalan” akan muncul seperti gambar.
Memanggil animasi dalam game
- Menambahkan animasi dalam sprite tidaklah cukup, karena animasi yang bersangkutan harus dipanggil dalam game di saat yang tepat, misalnya animasi jalan akan dipanggil saat pemain bergerak, tapi kembali ke kondisi awal saat berhenti bergerak. Untuk itu kita perlu membuat event baru untuk mendeteksi apakah pemain sedang bergerak atau tidak. Add Event > Pemain > Is moving. Add action > Pemain > Set animation > “Jalan”.
- Event tersebut akan memanggil animasi jalan saat pemain bergerak, namun ada dua hal yang kurang tepat dengan event ini. Animasi jalan akan dipanggil saat pemain melompat atau jatuh dari platform, dan saat pemain bergerak ke arah kiri, animasi dijalankan apa adanya sehingga kaki pemain terlihat seperti berjalan maju, tapi bergerak mundur. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu kita tambahkan ke event tadi.
- Klik kanan pada event tersebut > Add condition > Pemain > Is jumping. Klik kanan lagi pada event tersebut > Add condition > Pemain > Is falling. Klik kanan pada masing-masing condisi baru tersebut dan pilih “Invert”, ini akan membuat syaratnya dibalik, dengan kata lain, mengecek apakah pemain tidak sedang lompat dan tidak sedang terjatuh.
- Add event > Pemain > Is moving. Klik kanan event ini lalu pilih invert, untuk mendeteksi pemain berhenti bergerak. Add action > Pemain > Set animation > â€Å“Defaultâ€. Event ini akan mengembalikan pemain ke animasi awal.
Memperbaiki arah animasi karakter
- Untuk membuat karakter beranimasi ke arah kiri, kita tidak perlu menyediakan gambar animasi khusus karakter menghadap ke kiri. Fitur mirror sprite bisa kita gunakan untuk mengubah arah animasi. Kita perlu buat event untuk mendeteksi apakah pemain menghadap kanan atau kiri. (Pastikan game kita sudah memiliki objek Keyboard)
- Add event > Keyboard > Is key down > tekan tombol kanan. Add Action > Pemain > Set mirrored > â€Å“Not mirroredâ€. Event ini akan memastikan saat pemain bergerak ke kanan animasinya akan mengarah ke kanan.
- Add event> Keyboard >Is keydown > tekan tombol kiri. Add
Action > Pemain > Set mirrored > â€Å“Mirroredâ€. Event ini akan
membuat sprite pemain menghadap kiri jika pemain bergerak ke kiri.
Sumber : gedebuk.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar