Untuk memulai membuat scene kita membuat file baru pada sub-direktori
Classes
, Cocos2d-x sudah menyertakan beberapa file cpp
dalam direktori ini, di ataranya adalah AppDelegate.cpp
, AppDelegate.cpp
dimana kita bisa mengubah variable pada file ini untuk mengubah pengaturan dari game atau aplikasi kita. Adapun file HelloWorldScene.h
dan HelloWorldScene.cpp
yang merupakan sample contoh scene Hello World dari Cocos2d-x.Buat file header baru untuk scene anda
#ifndef __PEGEL_SCENE_HEADER_GUARD__ #define __PEGEL_SCENE_HEADER_GUARD__ #include "cocos2d.h" class PegelScene : public cocos2d::Layer { public: public static cocos2d::Scene* createScene(); virtual bool init(); CREATE_FUNC(PegelScene); }; #endif//__PEGEL_SCENE_HEADER_GUARD__
Penjelasan :
Jika anda sudah familiar dengan Object Oriented Programming dalam bahasa
C++
mungkin ada sudah sedikit mengerti dengan apa yang kita lakukan disini.
Hal pertama yang kita lakukan adalah menyertakan header files dari framework Cocos2d-x kedalam header file kita. Ini di maksudkan karena kita memerlukan Class Layer
dan juga komponen lainnya pada namespace cocos2d
sebagai basis dari Class untuk Scene kita.PegelScene.cpp
.
#include "PegelScene.hpp" USING_NS_CC; Scene* PegelScene::createScene() { auto scene = Scene::create(); auto layer = PegelScene::create(); scene->addChild( layer ); return scene; } bool PegelScene::init() { if( !Layer::init() ) { return false; } return true; }
Pada fungsi
createScene()
: Disini kita akan menciptakan Scene dengan menggabungkan / menyertakan setidaknya 1 Layer
(Class yang kita buat ini) kedalam objek Scene.Merubah Konfigurasi
AppDelegate.cpp
:
Secara umum anda akan melihat banyak konfigurasi pada file ini, namun untuk saat ini kita hanya akan merubah Default Scene kita yang semua menggunakan sample dari Cocos2d-x, yaitu HelloWorldScene.h
dengan nama Class HelloWorld
seperti pada kedua baris kode berikut:
#include "HelloWorldScene.h"
/* ... */
// create a scene. it's an autorelease object
auto scene = HelloWorld::createScene();
/* ... */
Di rubah menjadi nama Header File dan nama Class dari scene anda. Dalam contoh ini nama Header File scene saya adalah PegelScene.hpp
dan nama Class PegelScene
. #include "PegelScene.h"
/* ... */
// create a scene. it's an autorelease object
auto scene = PegelScene::createScene();
/* ... */
Jika perubahan sudah di simpan sekarang kita tambahkan header dan source file scene yang baru saja kita buat tadi kedalam file
CMakeList.txt
yang ada di root directory project anda. Cari line kode berikut kemudian tambahkan header dan source file setelah atau menggantikan nama File HelloWorldScene.cpp
atau HelloWorldScene.h
.
Jika proses kompilasi sukses. Anda akan melihat aplikasi / game anda terbuka dengan Scene kosong / blank hitam saja. Ini di karena kan kita belum menambahkan
Sprites
atau Game Actor pada scene kita ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar