Tutorial pembuatan game unity 3d, construct, cocos2d, dan lain-lain

Breaking

Senin, 08 Mei 2017

Membuat Scene Sederhana Di Cocos2D-x dan C++

    Untuk memulai membuat scene kita membuat file baru pada sub-direktori Classes, Cocos2d-x sudah menyertakan beberapa file cpp dalam direktori ini, di ataranya adalah AppDelegate.cpp, AppDelegate.cpp dimana kita bisa mengubah variable pada file ini untuk mengubah pengaturan dari game atau aplikasi kita. Adapun file HelloWorldScene.h dan HelloWorldScene.cpp yang merupakan sample contoh scene Hello World dari Cocos2d-x.



 Buat file header baru untuk scene anda

#ifndef __PEGEL_SCENE_HEADER_GUARD__
#define __PEGEL_SCENE_HEADER_GUARD__

#include "cocos2d.h"

class PegelScene : public cocos2d::Layer {  
public:  
    public static cocos2d::Scene* createScene();
    virtual bool init();

    CREATE_FUNC(PegelScene);
};

#endif//__PEGEL_SCENE_HEADER_GUARD__

Penjelasan :
    Jika anda sudah familiar dengan Object Oriented Programming dalam bahasa C++ mungkin ada sudah sedikit mengerti dengan apa yang kita lakukan disini. Hal pertama yang kita lakukan adalah menyertakan header files dari framework Cocos2d-x kedalam header file kita. Ini di maksudkan karena kita memerlukan Class Layer dan juga komponen lainnya pada namespace cocos2d sebagai basis dari Class untuk Scene kita.


Setelah header file dibuat sekarang kita lanjutkan dengan membuat source file dan isikan dengan contoh dibawah ini.Disini saya akan memberinama source file saya dengan nama PegelScene.cpp.
 
#include "PegelScene.hpp"
USING_NS_CC;

Scene* PegelScene::createScene() {  
    auto scene = Scene::create();
    auto layer = PegelScene::create();
    scene->addChild( layer );
    return scene;
}

bool PegelScene::init() {

    if( !Layer::init() )  {
        return false;
    }

    return true;
}
 
   Pada fungsi createScene(): Disini kita akan menciptakan Scene dengan menggabungkan / menyertakan setidaknya 1 Layer (Class yang kita buat ini) kedalam objek Scene.


   Tidak seperti Unity 3D atau Unreal Engine atau variant Cocos Creator. Framework Cocos2d-x tidak dapat dijalankan secara praktis walau hanya untuk testing.

    Merubah Konfigurasi AppDelegate.cpp: Secara umum anda akan melihat banyak konfigurasi pada file ini, namun untuk saat ini kita hanya akan merubah Default Scene kita yang semua menggunakan sample dari Cocos2d-x, yaitu HelloWorldScene.h dengan nama Class HelloWorld seperti pada kedua baris kode berikut:
 
#include "HelloWorldScene.h"

     /* ... */

    // create a scene. it's an autorelease object
    auto scene = HelloWorld::createScene();

     /* ... */
Di rubah menjadi nama Header File dan nama Class dari scene anda. Dalam contoh ini nama Header File scene saya adalah PegelScene.hpp dan nama Class PegelScene.

#include "PegelScene.h"

     /* ... */

    // create a scene. it's an autorelease object
    auto scene = PegelScene::createScene();

     /* ... */
 
    Jika perubahan sudah di simpan sekarang kita tambahkan header dan source file scene yang baru saja kita buat tadi kedalam file CMakeList.txt yang ada di root directory project anda. Cari line kode berikut kemudian tambahkan header dan source file setelah atau menggantikan nama File HelloWorldScene.cpp atau HelloWorldScene.h.
Jika proses kompilasi sukses. Anda akan melihat aplikasi / game anda terbuka dengan Scene kosong / blank hitam saja. Ini di karena kan kita belum menambahkan Sprites atau Game Actor pada scene kita ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar