Behavior merupakan kemampuan object yang telah dikemas sedemikian rupa dalam Construct 2. Misalnya, kita bisa menambahkan behavior Platform ke object player, dan behavior Solid ke object lantai, dan hanya dengan itu kita bisa langsung membuat object player tersebut bisa melompat-lompat ke mana saja seperti pada game-game platformer. Kita juga bisa melakukan hal yang sama dengan mengaturnya menggunakan event, tapi akan lumayan sulit dan ribet untuk seorang pemula. Lagian, untuk apa susah-susah mengaturnya menggunakan event kalau hanya dengan menggunakan behavior bisa diterapkan hasil yang sama dengan cara yang lebih mudah. Nah, mari kita lihat behavior apa saja yang dapat kita gunakan dalam game ini. Di antara aplikasi-aplikasi pembuat game lainnya, Contruct 2 lah yang menyediakan behavior-behavior tersebut;
- 8 Direction Movement. Behavior ini dapat membuat kita memindahkan suatu object menggunakan keyboard tanda panah. Akan sangat cocok jika diterapkan pada object Player.
- Bullet Movement. Behavior ini membuat suatu object secara otomatis berpindah ke arah depan object tersebut seperti perpindahan peluru. Akan sangat cocok jika diterapkan pada perpindahan object Bullet karena perpindahan dari behavior ini hanyalah ke arah depan objectnya dengan kecepatan tertentu.
- Scroll to. Behavior ini membuat layar monitor atau screen mengikuti perpindahan suatu object (juga disebut dengan Scrolling). Akan sangat cocok jika diterapkan untuk object Player.
- Bound to layout. Behavior ini akan mencegah suatu object untuk keluar dari area layout saat gamenya dimainkan. Akan sangat berguna jika diterapkan pada object Player supaya tidak keluar dari area layout ataupun area game.
- Destroy outside layout. Behavior ini tidak akan mencegah suatu object keluar dari area layout, akan tetapi object tersebut akan dihancurkan jika keluar dari area layout. Akan sangat cocok jika diterapkan pada object Bullet untuk mencegahnya tetap beterbangan di luar layout selamanya sehingga membuat memori penuh.
- Fade. Behavior ini membuat suatu object memudar atau menghilang secara perlahan. Akan sangat berguna jika diterapkan pada object Explosion.
Mari tambahkan behavior-behavior di atas pada object-object yang membutuhkannya.
Cara menambahkan Behavior
Silakan tambahkan behavior 8 Direction Movement pada Player. Klik Player untuk men-select objectnya. Pada Properties bar, lihatlah pada bagian Behavior. Klik Add/Edit. Jendela dialog Behavior akan muncul.

Klik icon berwarna hijau Add Behavior pada jendela dialog Behavior. Klik dua kali pada 8 Direction Movement untuk menambahkannya.

Lakukan hal yang sama dan tambahkan behavior Scroll To untuk membuat screen selalu mengikuti perpindahan Player. Dan tambahkan juga behavior Bound to layout untuk mencegah Player keluar dari area layout. Jendela dialog Behavior nya akan terlihat seperti berikut ini:

Close jendela dialog behavior nya. Tekan Run untuk mencoba gamenya! . Kamu harus memiliki browser yang compatible dengan HTML5 untuk bisa mencoba game ini. Pastikan browser seperti Firefox atau Chrome yang terinstal di komputer Kamu sudah diupdate ke versi terbarunya. Setelah gamenya muncul di browser, kita langsung bisa memindahkan Playernya menggunakan keyboard tanda panah dan perhatikanlah layarnya akan terus mengikuti Player kemanapun kita memindahkannya! Selain itu Playernya tidak akan bisa kita pindahkan ke luar layout karena behavior Bound to Layout sudah terapkan pada object Playernya. Itulah fungsi dari behavior – dapat menambahkan fungsi yang dapat diterapkan pada object-object tanpa perlu cara yang rumit. Sebentar lagi kita akan menggunakan sistem event untuk memodifikasi fungsi-fungsi tersebut.
- 8 Direction Movement. Behavior ini dapat membuat kita memindahkan suatu object menggunakan keyboard tanda panah. Akan sangat cocok jika diterapkan pada object Player.
- Bullet Movement. Behavior ini membuat suatu object secara otomatis berpindah ke arah depan object tersebut seperti perpindahan peluru. Akan sangat cocok jika diterapkan pada perpindahan object Bullet karena perpindahan dari behavior ini hanyalah ke arah depan objectnya dengan kecepatan tertentu.
- Scroll to. Behavior ini membuat layar monitor atau screen mengikuti perpindahan suatu object (juga disebut dengan Scrolling). Akan sangat cocok jika diterapkan untuk object Player.
- Bound to layout. Behavior ini akan mencegah suatu object untuk keluar dari area layout saat gamenya dimainkan. Akan sangat berguna jika diterapkan pada object Player supaya tidak keluar dari area layout ataupun area game.
- Destroy outside layout. Behavior ini tidak akan mencegah suatu object keluar dari area layout, akan tetapi object tersebut akan dihancurkan jika keluar dari area layout. Akan sangat cocok jika diterapkan pada object Bullet untuk mencegahnya tetap beterbangan di luar layout selamanya sehingga membuat memori penuh.
- Fade. Behavior ini membuat suatu object memudar atau menghilang secara perlahan. Akan sangat berguna jika diterapkan pada object Explosion.
Mari tambahkan behavior-behavior di atas pada object-object yang membutuhkannya.
Cara menambahkan Behavior
Silakan tambahkan behavior 8 Direction Movement pada Player. Klik Player untuk men-select objectnya. Pada Properties bar, lihatlah pada bagian Behavior. Klik Add/Edit. Jendela dialog Behavior akan muncul.

Klik icon berwarna hijau Add Behavior pada jendela dialog Behavior. Klik dua kali pada 8 Direction Movement untuk menambahkannya.

Lakukan hal yang sama dan tambahkan behavior Scroll To untuk membuat screen selalu mengikuti perpindahan Player. Dan tambahkan juga behavior Bound to layout untuk mencegah Player keluar dari area layout. Jendela dialog Behavior nya akan terlihat seperti berikut ini:

Close jendela dialog behavior nya. Tekan Run untuk mencoba gamenya! . Kamu harus memiliki browser yang compatible dengan HTML5 untuk bisa mencoba game ini. Pastikan browser seperti Firefox atau Chrome yang terinstal di komputer Kamu sudah diupdate ke versi terbarunya. Setelah gamenya muncul di browser, kita langsung bisa memindahkan Playernya menggunakan keyboard tanda panah dan perhatikanlah layarnya akan terus mengikuti Player kemanapun kita memindahkannya! Selain itu Playernya tidak akan bisa kita pindahkan ke luar layout karena behavior Bound to Layout sudah terapkan pada object Playernya. Itulah fungsi dari behavior – dapat menambahkan fungsi yang dapat diterapkan pada object-object tanpa perlu cara yang rumit. Sebentar lagi kita akan menggunakan sistem event untuk memodifikasi fungsi-fungsi tersebut.
AJO_QQ poker
BalasHapuskami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
-bandar 66
-perang baccarat (new game )
Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
PROMO MENARIK
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) |
Whatshapp : +855969190856