Tutorial pembuatan game unity 3d, construct, cocos2d, dan lain-lain

Breaking

Jumat, 08 Juli 2016

Tutorial Membuat Game Balap Mobil 2D Menggunakan Unity 3D - Part 2 (Lawan dan collision)

Setelah di postingan part 1 kita membuat game sederhananya Part 1 Sekarang kita masukkin yellow_car pada scane, rotate mobil dengan cara mengisi nilai z dengan 180 sehingga arah mobil kuning akan berpapasan atau bahkan bisa bertabrakan dengan mobil hijau.
Buat file script untuk mobil kuning langkahnya sama seperti sebelumnya, isikan script seperti dibawah
Lalu masukkan script pada component yellow_green

Sampai disini jika kita play maka mobil merah akan bertabrakan dengan mobil hijau, namun saat bertabrakan belum terjadi collision. Maka selanjutnya kita buat collision untuk membuat suatu kondisi pada saat kedua mobil bertabrakan
Seleksi green_car pada hirarchi, klik add component – phisic2D – pilih rigidbody 2D. Ubah gravity scale menjadi 0.
Tambahkan juga component Box Collider 2D dengan cara klik add component – phisic2D – pilih boc collider 2D.
untuk yellow_car harus ditanbahkan component box collider juga. caranya sama pada saat kita menambahkan box collider pada green_car.
Untuk mendeteksi adanya collision maka kita harus melakukan pengeditan pada script navigasiMobil seperti gambar berikut
Dalam script diatas pada saat mobil hijau mengalami collision atau tabrakan dengan mobil kuning maka aksi yang dilakukan adalah mendestroy atau menghilangkan mobil hijau dan akan tercetak tulisan “aaaa” pada console.
testing nihh..
sebelum nabrak
setelah nabrak 
 

nah itu dia tutorial lengkapnya. selamat mencoba dan semoga berhasil kawan :D

1 komentar: