Salah satu istilah yang sering didengar dalam dunia game adalah physics game. Game jenis ini menggunakan simulasi fisika dalam permainannya, mulai dari simulasi sederhana seperti gerakan parabola dalam Angry Birds, sampai simulasi tabrakan detail dalam seri game balap Need for Speed. Construct sudah menyediakan beberapa fitur untuk membuat game physics, jadi pada artikel ini kita akan mulai membuat sebuah game physics.
Game yang akan kita buat akan mengikuti game berjudul Peggle, dimana pemain akan melempar sebuah bola kecil yang akan memantul-mantul di area permainan seperti Pinball atau Pachinko. Dalam game ini, pin yang sudah terkena bola akan menghilang. Tujuan utama permain di sini adalah untuk mengenai semua pin yang ada dalam suatu level.
Membuat objek bola utama
- Buka project baru di Construct, pilih Empty Project. Lalu kita perlu tambahkan objek bola, Klik kanan > Insert new object > Sprite. Klik di mana saja untuk memunculkan sprite editor. Kita bisa langsung membuat bola di situ atau menggunakan gambar lain.
- Pada bagian properties di sebelah kiri, kita perlu ubah ukuran bola menjadi 25 x 25. Cukup klik di kolom di sebelah tulisan Size lalu isikan ’25,25′ tanpa tanda petik.
- Agar bola ini bisa bergerak dipengaruhi gravitasi, tumbukan, dan pantulan, kita perlu tambahkan behavior Physics. Klik link Behaviors yang berwarna biru di bagian properties > klik tombol + atau Add New > pilih Physics dari daftar behavior.
- Jika kita jalankan gamenya dengan klik tombol Run layout di kiri atas layar Construct, bola tersebut akan bergerak seakan jatuh ke bawah. Kira-kira seperti itu mudahnya membuat objek physics di Construct.
Membuat objek pin
- Untuk objek pin kita perlu lakukan hal yang sama dengan bola, tapi pastikan setidaknya warna pin berbeda dengan bola. Kita perlu lakukan langkah 1 sampai 3 yang sama dengan saat membuat bola.
- Karena kita ingin pin itu ‘menempel’ pada layar (tidak ikut jatuh
bersama bola), kita perlu ubah satu pengaturan behavior physics di objek
pin, yaitu Immovable. Dengan mengubah pengaturan Immovable menjadi
‘Yes” objek pin ini tidak ikut bergerak tapi tetap miliki sifat fisika
seperti bola.
- Kita perlu menambah jumlah pin agar bisa melihat berbagai pantulan yang terjadi saat bola bertabrakan dengan pin.
Membuat event interaksi objek
- Untuk membuat interaksi antar bola dan pin kita perlu membuat event baru. Pada Event sheet 1 klik Add event > pilih objek bola > “On collision with another object” > pilih objek Pin.
- Add action > pilih objek Pin > Destroy. Dengan aksi ini, setiap pin yang terkena bola akan dihancurkan dan hilang dari layar.
Membuat input mouse
- Karena kita akan menggunakan mouse untuk game ini, kita perlu tambahkan objek mouse dalam game agar bisa menggunakan informasi dari mouse (terkait event klik, posisi kursor mouse, dan lain-lain). Klik kanan di area layout > Insert new object > Pilih Mouse dari daftar objek.
- Kita akan membuat setiap pemain melakukan klik, kita akan munculkan bola baru di titik tersebut. Pada bagian event, Add event > Mouse > “on click” > pilih “left” dan “clicked”.
- Untuk membuat objek bola tambahan, kita perlu panggil fungsi Create object. Add action > System > Create object > pilih objek Bola, isi nilai X dengan “Mouse.X”, dan nilai Y dengan “Mouse.Y”. Karena kita belum menggunakan layer, biarkan layer bernilai 0.
Sampai disini kita sudah menyelesaikan kerangka dasar gamenya,sekarang kamu bisa mengembangkannya dengan membuat berbagai level dengan
pengaturan posisi pin yang berbeda-beda.
Selamat mencoba
Sumber : gedebuk.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar