Sistem penyimpanan dalam sebuah game merupakan hal yang penting kecuali anda ingin membuat arcade game (game sederhana) yang umumnya tidak menggunakan sistem menyimpan game.
construct 2 |
kita hanya akan menggunakan 1 buah teks sebagai indikator apakah program berjalan dengan baik dan satu buah button untuk menambahkan nilai sebuah variabel.
Berikut langkah2 untuk membuatnya:
1. pada Layouts, double klik pada Layout1 -> masukan sebuah teks, sebuah sprite, Web Storage, Control keyboard, dan control Touch.
2. Pada event sheet, hasil akhirnya kita akan seperti ini,langsung kita bahas pembuatannya secara satu persatu.
3.
Buatlah global variabel (klik kanan pada event sheet -> add global variabel) namanya “score” value 0
4.
add event -> Touch -> on touched object -> pilih sprite yang sudah kita masukan tadi.
Kemudian add action -> system -> add to variabel : score , Value : 1
5.
add event -> keyboard -> On Key Released -> key : S
kemudian add action -> WebStorage -> Set local value -> key : myscore (ket : Masukin key yang kamu mau) , value : score (ket : Masukin global variabel yang kamu buat)
add event -> keyboard -> On Key Released -> key : L
kemudian add action -> System -> Set value -> key : score (ket : Masukin global variabel yang kamu buat) , value : int(WebStorage.LocalValue(“myscore“)) (ket : Masukin key yang kamu buat di no.5)
7.
add event -> system -> every tick
add action -> Text -> Set text -> text : “my skor : ” &score (Format : “string” & Global Variabel)
Nah itu dia tutorial membuat game save pada aplikasi construct 2. semoga sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar